Monday, May 7, 2012

cara menginstall ubuntu 8.04







INSTALASI LINUX UBUNTU 8.04
  I.            Latar Belakang
Sebuah computer membutuhkan Sistem Operasi untuk bisa menjalankan computer tersebut. Nah kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Sistem Operasi. Di dalam kegiatan yang akan di install adalah Sistem Operasi Linux Ubuntu 8.04. kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mengenali dan tahu bagaimana cara-cara menginstall Sistem Operasi Linux Ubuntu 8.04.



II.            Langkah Kerja
Dalam penginstalan ini anda harus mempersiapkan berbagai macam alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:
1.      PC(Personal Computer)
2.      CD installer Sistem Operasi Linux Ubuntu 8.04
Selain Alat dan bahan anda juga harus memperhatikan spesifikasi minimal computer anda untuk instalasi Sistem Operasi Linux Ubuntu 8.04, antara ain:
1.      Processor x86-based dengan clock speed minimal 500 MHz
2.      Hardisk dengan free space 4 Gb
3.      RAM 256 Mb
III.          Pembahasan
Berikut ini adalah langkah-langkah installasi Sistem Operasi Linux Ubuntu 8.04:
1.      Persiapkan alat dan bahan, lalu anda harus memastikan computer anda sudah memenuhi spesifikasi minimal yang sudah tertulis di atas.
2.      Setelah memenuhi persyaratan, masukkan CD instalasi OS tersebut kemudian masuk ke bios.
3.      Masuk menu BIOS, pilih menu Boot, kemudian pilih Boot Device Priority, lalu pilih 1st boot device dan ubah 1st boot device ke CD ROM. Lihat gambar di bawah!

4.      Restart komputer, tunggu sebentar, bila muncul kata-kata press anykey to boot from CD . . . tekan tombol sembarang tombol untuk meload CD.
5.      Muncul pilihan bahasa pilihlah bahasa yang anda inginkan untuk instalasi Ubuntu.

6.      Setelah itu muncul pilihan instalasi. Pilih install ubuntu untuk menginstall Sistem Operasi Linux Ubuntu.


7.      Tunggu beberapa saat sampai proses loading selesai.

8.      Setelah muncul gambar seperti di bawah tunggu sebentar.
9.      Lalu muncul kotak dialog install, pada step 1 anda diperintahkan untuk memilih bahasa yang digunakan untuk proses instalasi. Bahasa ini akan menjadi bahasa pilihan untuk sistem akhir nanti. Lalu klik maju.
10.  Pada step 2 anda diperintahkan untuk memilih dimana lokasi anda berada, sebagai contoh adalah kota Jakarta. Setelah memilih lalu klik maju.
11.  Di step 3 anda diperintahkan untuk memilih susunan papan ketik, ini bermaksud untuk mengkonfigurasi keyboard yang anda gunakan. Pilih USA lalu klik maju.
12.  Di step selanjutnya yaitu step ke 4 anda diperintahkan untuk menyiapkan ruang hardisk anda (mempartisi), beri tanda pada manual untuk mengatur ruang pada hardisk anda secara manual.
13.  Sekarang anda bisa mengatur ruang hardisk anda caranya klik pada new partition table.
14.  Sebagai contoh saya akan membuat partisi untuk home, caranya klik pada free space lalu klik pada new partition. Isikan spesifikasi hardisk anda sebagai contoh seperti gambar di bawah ini.
15.  Tunggu sebentar.

16.  Untuk membuat partisi lagi klik pada freespace lalu klik new partition.
17.  Lalu pada pilihan titik kait pilih “ / ” dan sisakan sedikit memori untuk ruang swap.
18.  Untuk ruang swap, pilih free space lalu klik new partition. Pada pilihan gunakan sebagai pilihlah “swap” lalu klik ok.
19.  Paa step ke 5 anda diperintahkan untuk mengisikan anda dan computer anda. Pastikan password yang anda isikan anda ingat-ingat lalu klik maju.
20.  Pada step selanjutnya anda cuma di beri rincian pengaturan yang sudah anda atur tadi. Klik pasang untuk menginstall Ubuntu 8.04.
21.  Sekarang anda tinggal menunggu sampai proses instalasiselesai.
22.  Setelah installasi selesai (installation completed) anda diperintahkan untuk merestart computer klik saja restart sekarang lalu tunggu.
23.  Setelah merestart anda sekarang sudah bisa menggunakan sistem operasi Ubuntu 8.04.
IV.            Kesimpulan
Kesimpulan dari kegiatan ini adalah ternyata menginstall Sistem Operasi Ubuntu itu tidak sulit asalkan kita teliti dan sabar dalam proses penginstallan. Anda juga dapat mencoba penginstallan Sistem Operasi lainnya dengan menggunakan software VM ware atau Virtual box. Semoga ini dapat bermanfaat.

Share this

Tag :

0 Comment to "cara menginstall ubuntu 8.04"

Post a Comment